Tuesday 30 April 2013

Perkembangan Jiwa Agama Pada Anak



Perkembangan agama pada anak sangat ditentukan oleh lingkungan, baik pengalaman atau pendidikan di sekolah.  Di rumah pengalaman kegamaan pada anak mengikuti pola keagamaan orang tua. Praktek keagamaan yang benar oleh orang tua akan menjadi keuntungan sendiri bagi anak perihal agamanya ketika

Saturday 20 April 2013

Memahamai konsep Kewahyuan Al Qur’an


Oleh Miftahul Arifin

A.   Pendahuluan
Setiap  agama memiliki pedoman untuk mengatur seluruh aspek kehidupan pemeluknya. Pedoman itu tak  lain adalah kitab suci yang diyakini  kebenaran dan sakralitasnya. Dengan kata lain, kitab suci merupakan pedoman utama yang menjadi landasan pemeluk agama melakukan aktivitas, baik aktivitas yang berhubungan dengan tuhan (ubudiyah) atau aktifitas yang berhubungan dengan sesama 

Sedekah Laut Dalam Pandangan Fiqih


Oleh: Miftahul Arifin
A.     Pendahuluan
Istilah sedekah laut bukan merupakan hal yang asing di di Indonesia. Hampir, untuk tidak mengatakan semua, seluruh masyarakat yang hidup di daerah pesisir tidak pernah lepas dari ritual ini.
Orang pesisir memiliki tujuan tertentu hingga ritual ini tetap bertahan. Selain menjadi salah satu kebudayaan yang sebenarnya perlu dilestarikan,

Filsafat islam : Ibnu Tufail dan Filsafatnya


Oleh Miftahul Arifin

A.   Pendahuluan
Pemikiran seseorang tidak akan lepas dari pengaruh zaman dan tempat dimana orang itu berada. Pengaruh zaman dan tempat itu akan memberikan ciri khas atau corak dari pemikiran itu sendiri.
Demikian pula dalam sejarah filsafat. Meskipun pada dasarnya sumber filsafat adalah satu yaitu rasio, namun, tidak pelak pemikiran

Filsafat islam : Ibnu Tufail dan Filsafatnya


Oleh Miftahul Arifin

A.   Pendahuluan
Pemikiran seseorang tidak akan lepas dari pengaruh zaman dan tempat dimana orang itu berada. Pengaruh zaman dan tempat itu akan memberikan ciri khas atau corak dari pemikiran itu sendiri.
Demikian pula dalam sejarah filsafat. Meskipun pada dasarnya sumber filsafat adalah satu yaitu rasio, namun, tidak pelak pemikiran

Al Baqillani: Studi Perbandingan dengan Al Asy’ari dan Faham Mu’tazilah


Oleh Miftahul Arifin

A.     Pendahuluan
Dalam sejarah aliran-aliran dalam tologi islam, Al Baqillani dikenal sebagai salah seorang tokoh pemuka dari golongan Asy’ariyah. Selain karena pengakuannya akan adanya sifat-sifat Allah, pendapat-pendapatnya juga memiliki kesamaan dengan Imam Al Asy’ari. Ia juga banyak menolak terhadap ajaran-ajaran yang dibawa oleh golongan mu’tazilah.
Pandangan-pandangan dari al Asy’ri ia dapat

PEREMPUAN DALAM BAYANG KAPITALISME: KRITIK ATAS AKTIVIS GENDER[1]

Oleh: Miftahul Arifin[2]

Pendahuluan
Dalam perbincangan ini, kapitalisme tentu saja tidak lepas dari pembicaraan tentang tenaga kerja atau buruh dalam satu industialisasi. Sebagai objek pemilik modal, buruh menjadi lahan empuk untuk diekspoitasi dalam rangka meningkatkan profit yang sebesar-besarnya. Ciri umum sebuah industri kapitalis adalah tidak adanya koherensi antara pendapatan pemilik modal dengan buruh sebagai

Teologi Islam Dalam Problem Kemiskinan


Oleh Miftahu Arifin

A.      Pendahuluan
Islam adalah agama yang memperjuangkan hak-hak kemanusiaan. Al Qur’an sebagai kitab suci dari agama islam berisikan petunjuk dan pedoman-pedoman bagaimana manusia hidup, baik hubungannya dengan tuhan maupun sesama manusia. Dalam konteks kemanusiaan ajaran al qur’an tidak tidak terbatas. Ia memberikan petunjuk bagaimana manusia hidup bermasyarakat dan memenuhi kebutuhan hidupnya

Analisa Perbandingan Qur'an dan Veda


Oleh: Miftahul Arifin
NIM: 104111029

Pendahuluan
Setiap  agama memiliki pedoman untuk mengatur seluruh aspek kehidupan pemeluknya. Pedoman itu tak  lain adalah kitab suci yang diyakini  kebenaran dan sakralitasnya. Dengan kata lain, kitab suci merupakan pedoman utama yang menjadi landasan pemeluk agama melakukan aktivitas, baik aktivitas yang berhubungan dengan tuhan (ubudiyah) atau aktifitas yang berhubungan dengan sesama 

Neo-Modernisme Islam Indonesia


Oleh: Miftahul Arifin
NIM: 104111029

A.         Pendahuluan
Secara sederhana Neo Modernisme dapat diartikan dengan dengan “paham modernisme baru”. Neo-modernisme digunakan untuk memberi identitas baru pada kecendrungan pemikiran islam yang muncul sejak beberapa dekade terakhir sebagai sintesis antara pola pemikiran tradisionalime dan modernisme.[1] Neo-modernisme merupakan tipologi pemikiran islam yang memiliki asumsi dasar bahwa islam harus